Senin, 27 Mei 2013

-Orang Tua bisa Lupa Berdoa untuk anak-

JANGAN BERHARAP DO’A DARI ANAK, JIKA KITA SENDIRI (ORANG TUA) MALAS BERDOA UNTUK ANAK
Keutamaan Doa Ayah pada Anaknya…
Keutamaan doa ayah pada anaknya cukup besar. Ayah adalah orang tua yang bertugas mencari nafkah untuk anak-anaknya, sesuai dengan kemampuannya dan rizki yang diberikan oleh-NYA. Oleh karena itu, seorang anak memiliki ikatan balas jasa yang cukup besar, terhadap orang tua
Orang tua tak pernah lelah mendidik dan merawat anak-anaknya. Mulai dari alam kandungan hingga sampai menikahkan sang anak.
Ayah dan ibu memiliki peran yang besar mulai dari kelahiran - perkembangan – hingga kelanjutan kehidupan anak .
Adanya kita di muka bumi ini, sampai kita bisa hidup dan menjalani kehidupan, semuanya tidak terlepas dari jasa-jasa orang tua kita, termasuk ayah dan ibu.
Doa ayah pada anaknya memiliki banyak keutamaan. Seperti halnya ibu, seorang ayah juga harus kita hormati dan mulyakan. Bahkan meskipun ayah kita adalah seorang yang berbeda agama dengan kita, kewajiban untuk tetap menghormati dan berbuat baik kepadanya tetap harus kita lakukan.
Karena adanya seorang ayahlah kita bisa dilahirkan ke muka bumi ini, menjalani kehidupan dan menikmati berbagai nikmat hidup yang diberikan Allah kepada kita.
doa itu dikabulkan bukan sesuai permintaan tapi sesuai kebutuhan...
----doa yg langsung dikabulkan, yaitu doa yg di ijabah sesuai dengan kebutuhan saat itu
----doa yg digantikan, biasanya tidak yang kita harapkan atau malah bisa lebih yg kita harap
----doa yang ditangguhkan, ini di berikan bisa jadi untuk bekal kita di akherat kelak

sambil menulis ini saya mengkhayal jauh.. bagai mana kelak saya mati namun anak-anak saya tidak mendoakan orang tuanya...? Kesalahan bisa jadi pada diri saya, karena saya tidak pernah mendoakan anak, karena saya tidak mengajarkan anak berdoa, atau karena saya tidak mengajak anak saya mendoakan orang tua saya... (berharap smoga ini tidak terjadi pada keluarga saya)

Inilah beberapa keutamaan doa ayah pada anaknya yang bisa dirasakan banyak manfaatnya terutama oleh si anak:
  • 1. Doa ayah yang bermanfaat dan baik-baik pada anaknya akan dikabulkan Allah dengan mudah, dan hal ini tentu saja akan memberi hikmah yang besar pada sang anak.

Meskipun ayah tidak merasakan bagaimana mengandung dan melahirkan, tapi seorang ayah yang ideal pastilah merasakan kesulitan si ibu, mulai dari mengandung, melahirkan mendidik hingga mencarikan nafkah untuk si anak.
  • 2. Doa orang tua adalah rahasia keberkahan hidup bagi si anak.

Sejarah mencatat, orang-orang yang memiliki riwayat durhaka pada kedua orang tuanya maka akan menjalani kehidupan yang sulit, terutama di masa-masa tua. Berbuat baik kepada kedua orang tua atau birrul walidain akan mengundang doa yang baik dari orang tua, termasuk ayah.
  • 3. Doa ayah pada anaknya membuka pintu-pintu rezeki dalam hidup. Memuliakan dan menghormati orang tua adalah salah satu kunci dibukakan nya pintu rezeki dari langit oleh Allah.


Salah satu azab yang diturunkan kepada manusia secara segera adalah salah satunya bagi orang yang mendurhakai orang tua. Azab itu bisa berupa kesulitan dalam mencari rezeki di dunia.
Oleh karena itu, minta lah doa-doa yang terbaik dari ayah dan ibu untuk keberkahan kita mencari rezeki di dunia.

Seorang ayah yang baik pastilah akan mendoakan hal terbaik untuk anaknya, namun terlepas dari sosok ayah yang ideal atau tidak, kewajiban seorang anak kepada ayah tidak pernah gugur, yakni menghormati, memuliakan dan mentaatinya dalam kebaikan.

Akhlak dan tutur kata yang baik adalah doa yang baik dari seorang ayah pada anaknya.


اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَـالَمِـيْنَ، اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَـيِّدِنَا مُحَمَّدٍ مِفْـتَاحِ بَابِ رَحْمَةِ اللهِ
Dengan nama Allah yang Pengasih dan Penyayang, segala puji dan syukur hanya untuk Allah Tuhan alam semesta. Ya Allah, limpahkan shalawat dan salam kepada Sayyidina Muhammad, pembuka pintu rahmat Allah,
عَدَدَ مَا فِى عِلْمِ اللهِ، صَلاَةً وَسَلاَمًا دَآئِمَيْنِ بِدَوَامِ مُلْكِ اللهِ، وَ عَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ.
sebanyak pengetahuan Allah, shalawat dan salam yang selalu tercurah sekekal kerajaan Allah, dan juga kepada keluarga dan para sahabatnya.
رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلَوةِ وَمِن ْ ذُرِّيــَّتِيْ رَبَّــنَا وَتَقَبَّلْ دُعَآءِ.
Tuhan, jadikanlah aku dan keturunanku orang-orang yang selalu mendirikan shalat, Ya Allah, kabulkanlah doaku.
رَبَّــنَا هَبْ لَـــنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَ ذُرِّيــَّـــاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّـــقِيْنَ إِمَــامـًـا.
Wahai Tuhan kami, jadikanlah istri dan keturunan kami sebagai buah hati dan jadikanlah kami pemimpin orang-orang yang bertakwa.
رَبِّ أَوْزِعْنِيْ أَنْ أَشْكُرَ نِعْــمَتَكَ الَّتِيْ أَنْعَــمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ، وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِــحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِيْ فِي ذُرِّيــَّتِيْ، إِنِّيْ تُــــبْتُ إِلَــيْكَ وَإِنِّيْ مِنَ الْمُسْـــلِمِـــيْنَ.
Tuhan, berilah aku ilham untuk mensyukuri nikmat yang telah Engkau karuniakan kepadaku dan kepada Ibu bapakku, dan agar aku dapat beramal saleh yang Engkau ridhaoi, jadikanlah keturunanku orang-orang yang saleh , sesungguhnya aku bertaubat kepadaMu dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.
أُعِيْذُ أَوْلاَدِيْ بِكَلِــمَاتِ اللهِ التَّــامــَّاتِ، مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَـــامــَّــةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّـــةٍ.
Aku serahkan anak-anakku di bawah perlindungan kalimat Allah yang sempurna dari gangguan setan, mara bahaya, dan dari pandangan yang penuh kedengkian.
اَللَّهُمَّ بَارِكْ فِيْ أَوْلاَدِيْ، وَلاَ تَضُرَّهُمْ، وَازُقْـــنِيْ بِرَّهُمْ، وَاجْعَلْهُمْ قُــرَّةَ عَيْنٍ لِلنَّـــبِــيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلِوَالِدَيْهِمْ.
Ya Allah, berkahilah anak-anakku, janganlah Engkau celakakan mereka, karunialah aku ketaatan mereka, jadikanlah mereka buah hati Nabi Muhammad saw. dan kedua orang tua mereka.
اَللَّهُمَّ افْتَحْ عَلَيْهِمْ فُتُوْحَ الْعَارِفِيْنَ، وَفَقِّــهْــهُمْ فِي الدِّيْنِ، وَعَلِّمْهُمُ التَّأْوِيْلَ، وَاهْدِهِمْ إِلَى سَوَآءِ السَّـبِـيْلَ، وَاجْعَلْهُمْ مِنَ الْعُلَمَآءِ الْعَامِلِيْنَ، وَعِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ.
Ya Allah, singkapkan kepada mereka ilmu kaum arifin, jadikanlah mereka faqih (alim) dalam agama, ajarkan kepada mereka pengetahuan takwil, dan tuntunlah mereka ke jalan yang lurus dan benar, dan jadikanlah mereka ulama yang mengamalkan ilmunya, dan masukkanlah mereka ke dalam golongan hambaMu yang saleh.
اَللَّهُمَّ أَنْبِـــتْــهُمْ نَــبَاتـــًا حَسَـــنًا، وَاجْعَلْهُمْ هَــادِيْنَ مُــهْــتَدِيْنَ.
Ya Allah, tumbuhkan mereka dengan sebaik-baik pertumbuhan, dan jadikanlah mereka orang-orang yang memberi petunjuk dan mendapat petunujuk.
اَللَّهُمَّ وَفِّــــقْـــهُمْ لِــمَحَابـــِّــكَ وَطَاعَتِكَ وَمَرْضَاتِكَ وَعَلِّمْهُمْ مَا يَــنْــفَعُــهُمْ، وَانْـــفَعْــهُمْ بِمَا عَلَّــمْتَــهُمْ.
Ya Allah, berilah mereka hidayah untuk mencintaiMu. Ajarkanlah kepada mereka semua yang bermanfaat dan berilah mereka manfaat dari semua yang Kau ajarkan.
اَللَّهُمَّ احْفَظْــــهُمْ مِنَ الْفِــتَــنِ، مَا ظَــهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، وَ مِنْ كُلِّ سُــوْءٍ.
Ya Allah, lindungilah mereka dari segala fitnah, baik yang nyata maupun tersembunyi, dan juga dari segala macam kejahatan.
اَللَّهُمَّ سَــهِّــلْ أُمُوْرَهُمْ، وَأَصْلِحْ أَحْوَالَهُمْ وَأَعْمَالَهُمْ وَنِــيَّــاتِهِمْ.
Ya Allah, mudahkanlah urusan mereka, dan perbaikilah keadaan, perbuatan, dan niat mereka.
اَللَّهُمَّ أَحْـــيِهِمْ حَــيَاةً طَــيِّـــبَــةً فِي الدُّنْــــيَا وَاْلآخِرَةِ.
Ya Allah, berilah mereka kehidupan yang baik di dunia dan akhirat.
اَللَّهُمَّ أَعِنْهُمْ عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَــادَتِكَ.
Ya Allah, bantulah mereka agar dapat mengingatMu, mensyukuri nikmatMu, dan beribadah kepadaMu dengan sebaik-baik ibadah.
اَللَّهُمَّ احْسِنْ عَاقِــــبَـــتَهُمْ فِي اْلاُمُوْرِ كُلِّـــهَا، وَأَجِرْهُمْ مِنْ خِزْيِ الدُّنْــــــيَا وَاْلآخِرَةِ.
Ya Allah, akhirilah semua urusan mereka dengan keberhasilan dan selamatkanlah mereka dari kehinaan dunia dan akhirat.
اَللَّهُمَّ مَتِّعْــهُمْ بِأَسْــمَاعِهِمْ وَ أَبْصَارِهِمْ وَقُوَّتِــــهِمْ فِي سَــــبِـيْلِكَ، وَاجْعَلْ هَوَاهُمْ تَــــبَـــعًا لِمَـــا جَـــآءَ بِــــهِ حَبِــــيْــــبُكَ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَـــلَّمَ.
Ya Allah, jadikanlah pendengaran, pandangan dan kekuatan mereka menyenangi jalan petunjukMu, dan jadikanlah hawa nafsu (keinginan) mereka patuh pada ajaran yang dibawa oleh kekasihMu Muhammad saw.
اَللَّهُمَّ سَـــلِّمْهُمْ، وَ عَافِــهِمْ وَاعْفُ عَنْهُمْ، وَأَطِلْ أَعْمَارَهُمْ فِي طَــاعَتِكَ وَمَرْضَاتِكَ، وَتَقَـــبَّلْ مِنْهُمْ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، وَبِاْلإِجَابَةِ جَدِيْرٌ
Ya Allah, selamatkan mereka, berilah kesehatan dan maafkan, panjangkan umur mereka dalam ketaatan dan keridhoanMu, dan terimalah amal mereka. Sesungguh nya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu dan Engkaulah yang patut mengabulkan doa.
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِــهِ وَصَحْبِهِ وَسَــــلَّمَ، وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَــالَمِيْنَ
Dan limpahkan shalawat dan salam kepada Sayyidina Muhammad saw. serta kepada keluarganya dan para sahabatnya. Dan sesungguhnya segala puji dan syukur hanya untuk Allah, Tuhan alam semesta.


---AMIN---
untuk "izzat&izzah" ayah berdo'a yang terbaik untukmu
Do'a kan ayah agar dapat selalu berdoa untukmu dan keluarga

Tidak ada komentar: