Selasa, 21 Mei 2013

Mendapatkan Teman Baru


Mengajarkan anak mengenai hal yang berkaitan dengan sosial serta keterampilan dalam mengatur emosi merupakan tantangan bagi orang tua. Keterampilan seperti berbagi dengan sesama, menumbuhkan empati dan rasa hormat tidak langsung diperoleh begitu saja, tetapi harus dikembangkan.
Mengembangkan sifat-sifat peduli pada anak memang tidak mudah. Anak harus berinteraksi dengan orang lain terutama ketika ia mulai bersekolah. Bagi anak-anak, mempunyai satu teman baik saja dapat membawa perubahan yang besar. 
Untuk beberapa anak, mencari teman yang baru adalah hal yang mudah. Tetapi tidak untuk sebagian anak. Jika si Kecil pemalu atau ia telah berusaha untuk mendapatkan teman baru tetapi tidak berhasil, ada beberapa hal yang dapat Mam lakukan untuk membantunya:
Bicarakan Mengenai Hal Ini
Lakukan brainstorming dengan si Kecil tentang teman yang baik menurutnya. Misalnya membuat daftar sifat atau siapa saja yang menurutnya baik. Kemudian ajarkan kepada anak mengenai sifat-sifat yang harus dilakukan ketika berteman seperti ramah, selalu tersenyum, bersikap baik, ajak bermain, dsb. Setelah berdiskusi dan si Kecil memahami tentang bagaimana cara berteman yang baik, anda dapat membantunya dengan cara memperkenalkan ia dengan teman lainnya ketika bermain. 
Buat Kegiatan
Jika anak terus berjuang dan merasa kurang percaya diri dalam mencari teman, Anda harus proaktif dalam membantunya. Misalnya masukkan ia ke kegiatan ekstrakurikuler yang ia senangi. Kegiatan yang menyenangkan bagi si Kecil tentu saja membuka peluang untuk ia lebih mudah mencari teman yang mempunyai minat sama. 
Realistis
Jangan pernah memiliki harapan yang berlebih pada anak anda. Setiap anak memiliki kepribadian yang unik, sehingga jangan pernah membandingkan ia dengan orang lain. Biarkan ia belajar secara bertahap.
Selain itu, siapkan diri anda untuk selalu mendengarkan cerita-cerita seru dari si Kecil mengenai teman-temannya. Memberikan pemahaman dan mengajarkan keterampilan mengenai pertemanan tidak semudah yang diduga, jadi anda harus selalu bersabar. Anak-anak akan terus tumbuh secara sosial saat mereka sekolah. Dengan dukungan serta kasih sayang orang tua, si Kecil akan memahami secara perlahan bagaimana ia harus memposisikan dirinya dalam pertemanan.

Tidak ada komentar: