Kamis, 05 Maret 2015

SAKIT ITU ADALAH KENIKMATAN

"Disekolah saya diajarkan sebuah pelajaran dan kemudian diberikan ujian, dalam kehidupan saya diberikan ujian yang mengajarkan saya sebuah pelajaran

"pesan untuk anakku jadikan semua yg Engkau lihat dan dengarkan sbg pelajaran agar dpt melangkah dengan baik menuju kehidupan yg diberkahi Allah"

Dalam banyak hal saya terbiasa membuat rencana dari berbagai tujuan hidup yang ingin dicapai. Namun tidak selamanya rencana yang dibuat berjalan mulus. Bahkan tidak jarang harapan yang diinginkan menjadi pupus sebelum bisa terwujud. Sebagai manusia, wajar jika kemudian saya bersedih karena apa yang saya inginkan belum atau tidak terpenuhi.
Namun kesedihan tidak sampai membuat saya terpuruk. Kekecewaan tidak membuat saya sampai larut dalam kesedihan mendalam. Saya meyakini sebuah prinsip yang saya kutip dari kitab suci Al Qur’an:
“Boleh jadi, kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah yang paling mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah:216)
Sebagai manusia, tugas kita adalah berusaha dan berdoa. Selebihnya biarlah Tuhan yang menentukan yang terbaik untuk kita. Kadang hawa nafsu menutup jalan pikiran dan hati kita sehingga menumbuhkan ketidaksukaan saat apa yang kita inginkan belum atau tidak menjadi kenyataan. Bahkan jika keimanan kita sedang dalam posisi di bawah (rendah), bisa jadi kekecewaan tersebut berujung  kepada penyalahan akan takdir Tuhan. Padahal yakinlah ada skenario Tuhan yang jauh lebih indah yang akan disiapkan untuk kita nantinya.
Ketika memegang prinsip ini, kekecewaan hanya bersifat sementara. Selebihnya berusaha ikhlas tentang apapun yang ditakdirkan Tuhan kepada kita. Sembari dengan terus tetap berusaha dan berdoa agar selalu diberikan bimbingan Tuhan dalam mencapai segala cita yang diinginkan, dan diberikan keikhlasan hati jika harapan tersebut mungkin belum terwujud atau bahkan mungkin tidak terwujud sekalipun. Karena pasti di dalamnya ada hikmah yang luar biasa yang ingin Alloh SWT berikan kepada kita makhluk-Nya yang lemah ini.
Saya tetap bersyukur ketika dulu Allah “memberikan saya sebuah kenikmatan berupa kesehatan (klik--»» http://youtu.be/tuARezmhBh ««-- yg ketika itu saya semakin dekat dengan Nya "Allah SWT" dan dengan kenikmatan itu ujian juga diberikan kepada keluarga yg bagi saya buruk untuk anak-anak saya kedepan, tp smoga saja itu hanya kekhawatiran saya sebagai seorang ayah. Karena insya Allah Yg Maha Kuasa menjadikannya lebih baik bagi icaticiticut (tetap berusaha dan berdoa) 
Takdir Allah memang penuh rahasia dan tak terduga. Semua indah pada waktunya. Dan kita patut selalu bersyukur karenanya*

Tidak ada komentar: