Sabtu, 18 Mei 2013

Kreatifitas Anak, apa itu..?


Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendorong kreatifitas pada anak. Berikut tips mudah yang dapat membantu anak-anak mengembangkan kreativitas mereka.
 1.  Percaya pada anak
Seorang anak suka mencoba hal-hal baru. Cobalah ajak si kecil untuk membuat kartu ucapan sendiri, seperti kartu ucapan selamat hari raya atau kartu ucapan ulang tahun sesuai dengan imajinasinya. Mama bisa menyertakan kartu tersebut beserta kado pada acara ulang tahun teman si kecil. Maka si kecil pun akan melihat Mama menghargai usahanya. Hal ini akan memberikan kepercayaan diri yang ia butuhkan untuk menjadi kreatif di masa depan.
 2.  Membacakan cerita pada anak
Membacakan banyak cerita pada si kecil membuat imajinasinya terstimulasi. Tak ada salahnya meminta si kecil untuk menceritakan sebuah cerita. Terkadang kisah yang dia ceritakan mirip dengan apa yang sudah pernah Mam ceritakan kepadanya. Tetapi biasanya akan ada bagian lebih dari suatu kisah yang dia ceritakan. Ini adalah kreatifitas dari si kecil dengan menggunakan ide-idenya hingga menghasilkan hal baru. Ketika si kecil belajar membaca dan menulis, minta dia untuk menuliskan sebuah cerita.
 3.  Bermain “pura-pura”
Anak-anak mulai bermain "pura-pura" pada sekitar usia 18 bulan. Mereka menggunakan pisang sebagai telepon atau berpura-pura minum teh dari cangkir mainan. Ketika usia mereka bertambah, permainan ini akan menjadi lebih canggih lagi, seperti naik dan turun tangga untuk berpura-pura menjadi dinosaurus atau menari berputar-putar seperti putri. Permainan ini akan meningkatkan imajinasi mereka untuk menciptakan cerita baru. Anak-anak akan senang  ketika Mam ikut serta dalam permainan ini karena mereka merasa Mam menghargai ide yang diciptakan mereka.
 4.  Bermain musik
Anak-anak senang bermain musik. Berikanlah dorong pada si kecil untuk bermain dengan alat-alat musik. Selain itu ajaklah si kecil bernyanyi karena ini dapat membantunya memperluas kosa kata dan ini juga bisa membuat si kecil menjadi kreatif.
 5.  Masak bersama
Biarkan si kecil membantu Mama memasak di dapur. Mencampurkan dua bahan bersama-sama untuk menghasilkan rasa baru merupakan sebuah kreatifitas.
 6.  Bermain dengan teka-teki
Anak-anak memiliki pendekatan berpikiran terbuka untuk segala sesuatu, dan teka-teki adalah cara yang bagus untuk merangsang pemikiran mereka. Mereka sering dapat memecahkan teka-teki lebih mudah daripada orang dewasa hanya karena mereka tidak dibatasi oleh prasangka dewasa bagaimana segala sesuatu bekerja.
7.  Berikan waktu dan ruang
Anak-anak membutuhkan waktu setiap hari untuk bermain. Jika setiap momen diisi dengan kegiatan, si kecil tidak akan pernah memiliki waktu untuk menggunakan imajinasi dan berpikir kreatif. Biarkan dia bebas.

--Selamat Ber-Kreatifitas Anak"ku--


Tidak ada komentar: