Minggu, 19 Mei 2013

Mendengarkan dan Menjawab Pertanyaan Anak itu, Menyenangkan


Anak-anak sering kali mengajukan pertanyaan yang tak terduga mengenai kejadian sehari-hari. Pertanyaan tersebut bisa dimana saja dan kapan saja diajukan. Terkadang anak-anak menanyakan pertanyaan yang sulit untuk dijawab. Tidak ada aturan baku yang harus orang tua taati dalam menjawab pertanyaan anak. Akan tetapi beberapa hal ini perlu untuk dipahami orang tua mengenai pemikiran dan perasaan serta pertanyaan yang diajukan oleh si Kecil. 
Cari tahu apa yang anak anda tahu
 Bila sedang membahas suatu topik atau berita bersama si Kecil ajukan pertanyaan yang membuat anak akan berpikir. Misalnya, Ayah dan si Kecil sedang membahas tentang hasil jepretan kamera. Tanyakan padanya, “menurut IZZAT kenapa ini bisa terjadi? “, dsb

Tenang
Ketika anak-anak mendengar berita yang membuat dia menjadi takut, Ayah dapat membantunya menenangkan diri. Misalnya anak takut akan terjadinya gempa di rumah, Ayah bisa menenangkannya dengan menjelaskan bahwa kita tetap dapat aman dengan cara berlindung di bawah meja ketika gempa. Ajak si Kecil untuk mempraktekkannya, karena tindakan lebih meyakinkan dibanding hanya dengan perkataan saja
Jelaskan secara sederhana
Beri anak informasi atau penjelasan yang perlu mereka tahu dengan cara yang masuk akal bagi pemikiran anak-anak. Terkadang beberapa kalimat saja sudah cukup untuk dimengerti si Kecil. Jangan memberikan penjelasan yang tidak perlu untuk umurnya.

Yakinkan
Ketika anak-anak mendengar berita yang membuat dia menjadi takut, Ayah dapat membantunya menenangkan diri. Misalnya anak takut akan gelap, Ayah bisa menenangkannya dengan menjelaskan bahwa meski gelap kita masih dapat melihat tetap aman. Ajak si Kecil untuk mempraktekkannya, dengan masuk di tempat gelap dengan ayah, jika masih takut jangan dipaksa, ulangi lain kali karena tindakan lebih meyakinkan disbanding hanya dengan perkataan saja.

http://i-pien.blogspot.com/2013/04/blog-post_27.html
--Semoga Komunikasi Ini Jadi Ladang Amal Orang Tuamu--

Tidak ada komentar: